5 Keuntungan Investasi Syariah Sukuk

Manfaat Sukuk Ritel Syariah

Bagi Anda yang ingin berinvestasi namun tetap memegang teguh nilai-nilai syariah, ada satu instrumen investasi yang bisa menjadi opsi untuk Anda. Apakah Anda pernah mendengar sukuk? Sukuk merupakan investasi semacam obligasi namun sifatnya syariah karena berdasarkan pada sistem bagi hasil. Sukuk diterbitkan secara berkala oleh pemerintah. Di Indonesia, sukuk dikenal dengan sebutan Sukuk Ritel Indonesia (SUKRI). Sukuk terbaru diterbitkan pada bulan Maret 2017 lalu dengan nomor seri SUKRI SR-009. Bagi Anda yang berinvestasi pada sukuk, berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Aman dan Terjamin

Salah satu pertimbangan ketika orang akan mengivestasikan uangnya adalah tingkat keamanan. Berbagai macam instrumen investasi menawarkan keuntungan yang menggiurkan namun tentu saja hal itu juga tak terlepas dari risiko yang menyertainya. Berbeda dengan sukuk, sukuk merupakan investasi yang aman. Hal ini disebabkan karena sukuk adalah produk pemerintah dan dikelola oleh pemerintah. Risiko gagal bayar sangat minim sekali karena sukuk ini melibatkan penyertaan kepemilikan aset infrastruktur negara seperti bangunan dan sebagainya. apa lagi hanya dalam jangka waktu 3 tahun, maka Anda tak perlu khawatir dan bisa memprediksi keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Dapat Dimanfaatkan Sebagai Penghasilan Tetap

Uang pokok sukuk Anda memang baru akan cair setelah jangka waktu habis, namun bunga yang Anda dapatkan dari uang tersebut akan diberikan setiap bulannya oleh pemerintah setiap tanggal tertentu sesuai dengan kesepakatan awal. Jadi secara tidak langsung, Anda akan mendapatkan penghasilan pasif setiap bulannya yang masuk ke rekening Anda dari sukuk ini. Hal ini jauh lebih menguntungkan daripada Anda membiarkan uang Anda di rumah, bukan? Selain itu, dibanding dengan investasi lainnya yang memberikan bunga secara fluktuatif, SUKRI juga jauh lebih meyakinkan karena memberikan keuntungan yang konsisten.

Keuntungan Investasi Syariah Sukuk

Syariah

Ini adalah keunggulan tersendiri yang dimiliki oleh sukuk. Bagi Anda yang khawatir dengan halal atau tidaknya investasi yang ada saat ini, maka tak perlu khawatir jika Anda memilih investasi sukuk. Keuntungan yang Anda dapatkan dari sukuk didasarkan pada sistem bagi hasil. Dengan membeli surat penyertaan kepemilikan sukuk, Anda secara tidak langsung ikut memiliki aset-aset negara. penghasilan yang didapat dari aset-aset ini misalnya uang sewa itulah yang akan dibagikan sebagai bunga bulanan sukuk Anda. Sukuk menjunjung tinggi asas-asas syariah global. Jadi, Anda bisa berinvestasi dengan tenang.

Pajak Rendah

Nah, tak hanya syariah ternyata pajak yang dibebankan kepada para investor cukup rendah, yakni hanya sekitar 15 persen. jumlah ini tentu lebih rendah dibandingkan investasi deposito yang mengharuskan investornya membayar pajak sebesar 20 persen. Mungkin faktor pajak yang satu ini sering luput dari pertimbangan para investor. Padahal sebenarnya, hal ini juga perlu diperhatikan karena jika nilai pajaknya besar, maka keuntungan investasi yang Anda dapatkan menjadi kurang maksimal, bukan?

Mudah Dicairkan

Pada dasarnya, investasi sukuk ini sama dengan obligasi di mana para investor membeli surat penyertaan kepemilikan, hanya saja sukuk bersifat syariah. Selain itu, ada satu lagi keunggulan sukuk dibanding investasi obligasi dan lainnya, yakni Anda dapat mencairkan uang Anda sewaktu-waktu. Meskipun jatuh temponya memang tiga tahun, namun jika sebelum masa itu tiba, misalnya di tahun kedua Anda memerlukan uang secara mendadak untuk menutup biaya pengobatan mendaftarkan anak ke jenjang sekolah baru, maka sukuk bisa dicairkan saat itu juga.

Namun sebaiknya Anda menghindari hal ini sebisa mungkin karena jika Anda menarik uang sukuk Anda sebelum jatuh tempo, maka keuntungan yang Anda dapatkan juga menjadi kurang maksimal. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan bahwa uang yang Anda gunakan untuk investasi sukuk adalah uang yang tidak akan digunakan dalam jangka waktu tiga tahun ke depan.

Selain bersifat syariah, sukuk adalah investasi yang aman karena sudah dijamin oleh pemerintah. Bagi Anda yang memiliki anggaran sisa minimal 5 juta rupiah, bisa memanfaatkannya untuk membeli sukuk ini. namun ingat, ketika berinvestasi sukuk, pastikan uang tersebut tidak dipakai dalam waktu dekat karena sukuk baru akan dicairkan kembali dalam waktu tiga tahun. Dengan mengetahui manfaat investasi sukuk di atas, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Bantu kami dengan share artikel ini ya 🙂 🙂