Anti Keki, Cara Melatih Kucing Buang Air Pada Tempatnya Ini Perlu Anda Ketahui

Cara Melatih Kucing Buang Air Pada Tempatnya

Saat memutuskan untuk memelihara hewan, setiap orang harus tahu konsekuensinya. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, maka Anda harus siap menanggung setiap kewajiban dalam merawat binatang sebagai hewan peliharaan Anda. Kucing tergolong binatang peliharaan yang mudah dalam perawatannya, sehingga banyak diminati oleh para pecinta hewan. Meskipun tergolong mudah, setiap perawatan hewan tentunya membutuhkan kesabaran. Selain itu, pasti terdapat kesulitan walaupun sebagian besar prosesnya mudah.

Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam proses merawat kucing, termasuk melatihnya untuk buang air besar pada tempatnya. Hal ini perlu Anda perhatikan agar kebersihan rumah serta kesehatan kucing terjaga. Lalu, bagaimanakah caranya? Melatih kucing memang gampang-gampang susah. Perlu kesabaran untuk melatihnya hingga dapat melakukan kebiasaan dengan baik dan benar. Untuk itu, Anda dapat membaca penjelasan tentang cara melatih kucing buang air pada tempatnya berikut ini.

  1. Menyiapkan Litter Box dan Pasirnya

Untuk melatih kucing agar mampu buang air di tempatnya, maka siapkan kotak kotoran (litter box) yang memadai. Sesuaikan dengan ukuran kucing, di mana kotak yang besar untuk kucing dewasa dan kotak kecil untuk anak kucing. Setelah menyiapkan kotak kotoran tersebut, Anda perlu menyiapkan pasirnya. Letakkan pasir khusus di kotak tersebut dan segera menaruhnya di tempat yang teduh, nyaman, dan tenang. Tempat yang seperti itu akan membuat kucing merasa rileks saat buang air.

  1. Menyediakan Lebih dari Satu Kotak yang Menarik

Untuk menerapkan kebiasaan buang air di tempatnya kepada kucing Anda, sebaiknya lakukan pelatihan yang efektif. Baik manusia, maupun hewan, akan tertarik dan bersedia melakukan sesuatu jika terdapat keunikan atau sisi positif dari sesuatu itu. Sama halnya dengan kucing, di mana ia membutuhkan suatu hal yang menarik agar mau melakukan perintah Anda.

Untuk itu, siapkan litter box dalam beragam warna agar menarik perhatian si kucing. Keragaman warna tersebut dapat memberikan pilihan dan dapat memilih kotak  seleranya. Setelah ia merasa senang dengan kotak tersebut, maka akan melancarkan Anda dalam melatih kucing untuk buang air besar pada tempatnya.

  1. Mengenalkan Kucing Pada Litter Box

Kucing akan menuruti perintah dan anjuran Anda apabila dilakukan dengan lembut dan penuh kasih sayang. Sebagai hewan, kucing juga mempunyai kepekaan rasa seperti halnya manusia. Dengan demikian, perlakukanlah kucing Anda dengan lembut dan latihlah secara perlahan.

Anda dapat mulai melatih kucing dengan mengenalkan kucing pada litter box. Pertama, ajaklah kucing untuk melihat tempat buang air dengan cara menggendongnya. Tempatkan kucing di litter box dalam beberapa waktu. Setelah itu, angkat tubuh kucing da pindahkan di depan jajaran litter box yang beraneka warna. Lalu, perhatikan responnya. Biarkan kucing memilih kotak mana yang disukainya.

  1. Mengenali Tingkah Laku Kucing

Selanjutnya, Anda dapat mengajarkan tahap selanjutnya. Berikan makan kepada kucing secara teratur. Pastikan kucing makan dan minum sesuai dengan porsi yang layak. Setelah beberapa saat, periksa kondisi kucing untuk memastikan apakah ia sudah akan buang air atau belum. Alangkah baiknya, pada beberapa menit setelah kucing makan, tempatkan pada litter box untuk berjaga-jaga apabila kucing memang akan buang air.

Anda harus melakukan pelatihan tersebut dengan perlahan, sabar, dan rutin. semua itu membutuhkan proses. Setelah berulang kali Anda mengajarkan hal itu, amati perkembangan tingkah laku kucing setelah ia makan atau minum. Pastikan kucing buang air pada tempatnya.

  1. Jangan Memarahi Kucing

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa kesabaran sangat dibutuhkan dalam merawat binatang peliharaan. Oleh karena itu, jangan pernah Anda membentak hewan peliharaan Anda. Kucing termasuk hewan yang peka perasaannya, sehingga ia akan bersedih apabila Anda memarahinya.

Saat melatihnya untuk buang air pada tempatnya, lakukan dengan perlahan dan penuh kasih sayang. Apabila kucing masih belum paham, terlebih anak kucing, maka bersabarlah. Latihlah secara rutin dan jangan memarahinya, karena bisa jadi kucing Anda stress atau justru memberontak.

Berbagai cara melatih kucing untuk buang air di tempatnya tersebut dapat Anda lakukan, demi melatih kucing agar mempunyai kebiasaan yang baik. Anda harus mempersiapkan segala keperluannya dan mengenalkan kucing dengan litter box secara perlahan. Lakukan secara rutin dengan sabar.

Lama kelamaan kucing Anda akan memahami maksud pemiliknya, kemudian menurutinya. Dengan kebiasaan kucing yang mampu buang air pada tempatnya ini, kebersihan rumah akan terjaga. Kesehatan Anda beserta si kucing juga akan terjamin tentunya.

Bantu kami dengan share artikel ini ya 🙂 🙂