Liburan ke Sampit, Lakukan 5 Kegiatan Seru ini!

Liburan ke Sampit, Lakukan 5 Kegiatan Seru ini!

Jangan dulu bersedih jika kamu mendapatkan tugas ke Sampit. Saat mendengar kata Sampit mungkin kamu akan mengerutkan dahi karena belum tahu dengan Kota Mentaya, sebutan untuk Kota Sampit. Atau malah membuat bulu kuduk naik karena pernah mendengar berita-berita menyeramkan dari Bumi Habaring Hurung tersebut. Terlepas dari itu, Kota Sampit memiliki objek wisata yang beragam dan tak kalah indahnya dengan objek wisata di Pulau Kalimantan. Terpenting, saat berlibur atau tugas kerja di Sampit kamu tidak akan merasakan macet seperti di Kota-Kota besar. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Kota Sampit seperti mengunjungi pantai, danau, ataupun mencicipi kuliner khas Sampit.

Untuk lebih lengkapnya berikut ini lima kegiatan dan objek wisata yang bisa kamu lakukan di Sampit, di antaranya:

  • Berfoto di Danau ‘Bersalju’ Sampit

Di Sampit ada salju, mana mungkin? Ya, memang tidak mungkin tapi jika datang ke Danau Salju Sampit, kamu akan setuju bahwa kapur-kapur karang yang dipenuhi pasir putih ini bagaikan ditutupi salju-salju. Danau Alam Salju berada di Jl Sudirman KM.6 arah Pangkalanbun, waktu tempuhnya dari Kota Sampit kurang lebih 45 menit. Setibanya di sana, sediakan saja uang Rp10.000 untuk membayar tiket masuk. Sedangkan biaya parkit pihak pengelola tidak memungut sama sekali. Danau Alam Saju terdiri dari dua danau besar dan danau kecil-kecil yang berada di tengah. Uniknya, ada satu Danau yang berwarna biru toska padahal air disekitarnya berwarna kecokelatan karena tanah sekitar Danau berada di lahan Gambut.

  • Kejar Ombak di Pantai Ujung Pandaran

Rindu pantai saat berada di Sampit, kamu bisa mencoba mengunjungi Pantai Ujung Pandaran Sampit. Ombak di Pantai Pandaran cukup tinggi sehingga kamu harus berhati-hati jika berenang. Namun, ombak besar dan tinggi lumayan seru jika kamu dan teman selalu bermain kejar ombak. Sama seperti pantai lainnya di Ujung Pandaran pun kamu dapat melihat biota-biota laut seperti ikan pari ataupun ubur-ubur. Pantai Ujung Pandaran juga sering digunakan untuk ritual simah laut setiap tanggal 10 bulan syawal yang dipercaya penduduk setempat untuk menolak bala dan mendatangkan rezeki ke nelayan. Bebagai fasilitas seperti kamar mandi dan penginapan pun tersedia. Rentang harga untuk penginapan mulai dari Rp300.000 hingga Rp400.000 untuk bungalow dan villa.

  • Mencicipi Kuliner Ikan Jelawat

Ikan jelawat adalah ciri khas dari Kota Sampit. Ikan Jelawat merupakan ikan Danau yang ada di Semenanjung Malaya. Ciri khas dari Ikan Jelawat adalah sisiknya renggang dan memiliki daging tebal. Nah, jika ingin mencicipi Ikan Jelawat kamu dapat mencobanya di tepi Sungai Mentaya yakni di Waroeng Kampoeng Delin, Jalan Usman Harun No. 39. Harga satu porsi ikan Jelawat lengkap beserta nasi dan sambal seharga Rp40.000,- , kamu dapat memillih ikan Jelawat bakar, goreng, bumbu asam manis, atau madu. Jangan sedih ya kalau mulut kamu ingin terus mengunyah Ikan Jelawat yang memiliki manfaat dapat meningkatakan stamina ini. Selain dapat meningkatkan stamina, Ikan Jelawat juga bermanfaat untuk mengontrol berat abdan kamu, lho!

  • Belanja Oleh-Oleh Khas Sampit

Ciri khas Kota Sampit yakni Ikan Jelawat. Jadi, jangan sampai kamu melewatkan untuk membawa oleh-oleh Ikan Jelawat yang telah diolah menjadi kerupuk, keripik, abon, stik, dan juga amplang. Selain makanan, ada juga barang-barang yang tak jauh dari simbol Ikan Jelawat seperti kaos, miniatur ikan jelawat, dan juga sandal. Untuk mendapatkan semua jenis oleh-oleh khas Sampit ini kamu hanya perlu mendatangi toko oleh-oleh yang berada di Jalan AIS Nasution. Olahan berbahan dasar Ikan Sampit dibandrol mulai dari Rp23.000, bros Ikan Jelawat Rp10.000 dan kaos atau sandal Rp40.000,- Selain olahan makanan berbahan dasar Ikan Jelawat, kamu dapat mencoba keripik rebung, lampuk durian, stik rotan ataupun rengginang ikan.

  •  Makan di atas Sungai Mentaya

 Setelah seharian datang ke objek wisata yang satu dan yang lain, malam hari sempatkan diri untuk makan malam di Kampong Oelin. Kampung Oelin berada di Jalan Usman Harun No. 39. Kampoeng Oelin merupakan cafe yang berbentuk perahu dan tepat berada di sungai Mentaya. Kampoeng Oelin adalah cafe yang tepat jika kamu ingin menyantap masakan khas Indonesia dan berbagai olahan makanan dari ikan.

Menarik bukan Kota Sampit? Tunggu apalagi, segera cari tiket promo pesawat menuju Bandar Udara H. Asan (Bandara di Sampit) dan mulai jelajahi setiap objek wisata di sini. Maskapai penerbangan yang menyediakan destinasi ke Sampit salah satunya Kalstar. Harga tiket dari Jakarta ke Sampit dipatok Rp724.900. Dapatkan lagi potongan harga tiket Kalstar melalui Reservasi.com dengan memasukkan kode promo tertentu. Selamat berkunjung ke Sampit!

Bantu kami dengan share artikel ini ya 🙂 🙂