Trik Dapatkan Investor Dengan 5 Cara Berikut Ini

Trik Dapatkan Investor Dengan 5 Cara Berikut Ini

Banyak orang yang mencari cara mendapatkan investor untuk usaha yang baru mereka rintis. Alasan orang mencari investor biasanya karena modal yang mereka miliki tidak cukup banyak untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalankan. Usaha yang kita jalankan tentunya jika dijalankan dengan benar lama kelamaan akan terus berkembang dan menjadi besar, hal ini tentunya membutuhkan biaya atau modal untuk mengembangkannya. Karena berbagai alasan biasanya kita harus tahu dimana bisa dapatkan investor agar bisa memberikan suntikan modal tambahan.

Sekarang ini semakin banyak usaha yang lebih memilih mencari investor untuk mengembangkan bisnis mereka. semakin banyaknya usaha yang serupa dengan milik Anda, tentunya Anda juga ingin mengetahui bagaimana cara mendapatkan investor agar usaha yang Anda jalankan bisa berjalan dan bersaing dengan usaha yang serupa lainnya. jika kita mengetahui cara yang tepat maka akan ada investor yang cocok dengan usaha yang sedang dijalankan. Investor sendiri merupakan orang yang menyediakan dana atau modal untuk sebuah usaha, walaupun usaha yang hendak diberikan modal belum berjalan. Jika Anda ingin membuka sebuah usaha tentunya Anda harus memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan. Tidak semua orang memiliki modal yang banyak untuk memulai usahanya.

Berikut ada beberapa cara yang dilakukan agar memperoleh dana atau modal dari investor untuk Anda yang baru pertama membuka usaha :

  • Anda bisa meminjam uang yang berasal dari orang lain atau juga bisa meminjam ke Bank yang biasanya akan ada bunga yang harus dibayarkan. Bunga bank sendiri biasanya cukup tinggi sehingga Anda harus memperhitungkan dengan baik pada saat memulai sebuah usaha. Atau Anda juga bisa mencari cara mendapatkan investor dari orang terdekat Anda dengan begitu usaha yang Anda jalankan lebih mudah dan lancar.

Baca juga: Catat! 11 Kata-Kata Motivasi Ini Bikin Semangat Berbisnis

  • Anda bisa memilih cara yang mana investor sendiri terdiri dari dua jenis. Investor sendiri adalah seseorang yang memberikan modal untuk bisa diinvestasikan, dimana mengharapkan adanya imbal hasil terukur serta menguntungkan bagi mereka. investor sendiri terdiri dari dua jenis yaitu :
  • Investor amatir

Investor jenis ini biasanya mereka akan meminta keuntungan dengan jangka pendek. Mereka biasanya aka bertanya terkait dengan berapa hasil yang akan mereka peroleh dimana sesuai dengan uang yang telah diinvestasikan. Jenis investor ini berada di sekitar Anda. misalnya saja teman, keluarga atau juga kerabat terdekat Anda yang biasanya sudah mengetahui mengenai usaha yang sedang Anda jalankan. Jenis investor jedua adalah investor pro. Investor pro atau juga inverstor yang telah profesional adalah investor yang memiliki banyak pengetahuan mengenai bisnis serta usaha. Usaha dapatkan investor jenis ini juga tidak susah jika Anda mengetahui caranya dengan benar. Investor jenis ini telah memikirkan strategi serta rencana yang hendak dilakukan terhadap investasi yang mereka keluarkan. Biasanya mereka akan memastikan dana yang diberiakn memang benar tidak dipakai atau juga mengendap.

Setelah mengetahui jenis dari investor yang bisa Anda cari. Maka selanjutnya Anda bisa mengetahui berbagai cara mendapatkan investor dengan benar. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan :

  • Menggambarkan permintaan pasar

Cara yang pertama adalah dengan menggambarkan bagaimana permintaan pasar. Anda bisa membuat sebuah proposal sebagai gambaran mengenai usaha yang hendak dijalankan. Dengan membuat proposal ini maka Anda bisa memberikan penjelasan pada calon investor yang Anda tuju. Anda bias menjelaskan mengenai proposal yang Anda buat serta menggambarkan bagaimana permintaan dari pasar. Anda harus memastikan bagaimana usaha yang hendak dikembangkan telah jelas sektor pasarnya. Anda bisa memberikan penjelasan mengenai luas dari pasar, didalamnya termasuk kalangan serta umur yang hendak dijadikan sebagai targetnya. Mendapatkan investor ini menjadi sangat penting untuk diketahui investor yang akan menanamkan modalnya. Baca juga: Mau Bisnis Startup dan Dapatkan Investor? Sambangi 5 Tempat Ini

  • Menjelaskan mengenai track record dari manajemen tim yang Anda miliki

Hal kedua adalah dengan mencari manajemen yang bagus serta telah teruji. Dengan memiliki manajemen yang tepat maka investor yang akan Anda cari bisa mengerti dengan jelas usaha yang akan Anda jalankan. Investor menjadi percaya terhadap kehandalan dari tim manajmene yang telah dibuat.

  • Menjelaskan resiko dari usaha

Selanjutnya adalah dengan menjelaskan bagaimana resiko dari usaha yang Anda miliki. Anda harus mengatakan sebenarnya mengenai resiko dari usaha yang Anda jalankan, bukannya mengumbar prospek keuntungan dari usaha yang Anda miliki. Anda harus menjelaskan resiko kerugian dari usaha yang dijalankan. Akan selalu ada potensi kerugian dari setiap usaha yang dijalankan. Anda bisa menjelaskan secara rinci dari potensi tersebut. hal ini dilakukan agar seluruh manajemen dapat memberikan antisipasi dari potensi kerugian yang hendak terjadi.

  • Breaktrough

Trik berikutnya adalah dengan memberikan cara serta strategi dari bagaimana untuk mendobrak pasar yang hendak dituju. Dengan begitu, Anda bisa membedakan usaha yang Anda jalankan dengan usaha sejenis lainnya. cara ini sangat penting untuk dilakukan agar usaha yang dijalankan tidak kalah dengan yang lainnya. Anda bisa memberikan keunikan serta perbedaan yang dimiliki dari usaha Anda agar bisa memberikan keuntungan yang banyak. Cara yang satu ini sangat penting agar investor tertarik menanamkan modalnya pada usaha yang Anda jalankan.

  • Menjelaskan secara rinci mengenai risk and reward

Hal terkahir ini akan berkaitan dengan berbagai poin yang telah dijelaskan sebelumnya. Anda harus menjelaskan risk atau juga resiko yang bisa terjadi pada usaha yang Anda jalankan. Terkadang orang lupa mengenai cara mencari investor yang satu ini. Dengan mengetahui resiko yang ada maka kita bisa membuat antisipasi serta strategi agar memperkecil adanya resiko yang bisa terjadi. Kita juga harus menjelaskan reward sebagai cara mendapatkan investor terutama bagi mereka yang bisa memberikan adanya inovasi serta jalan keluar dari usaha yang bisa dilanda adanya kerugian. Dengan begitu resiko yang telah digambarkan sebelumnya bisa dapat ditanggulangi. Orang tersebut akan mendapatkan reward dari hasil kerja keras yang mereka lakukan.

Berbagai usaha untuk meraih pendanaan melalui investor diatas bisa Anda lakukan dengan benar untuk bisa mendapatkan investor yang tepat. yang paling penting adalah dengan membuat kontrak yang jelas agar kedepannya jika terjadi suatu hal yang tidak diharapkan dapat secara jelas dicari jalan keluarnya. Hal ini bisa sangat mungkin dilakukan terutama bagi Anda yang mencari dana melalui investor yang telah profesional. Sebaiknya menghindari investor dari orang terdekat dan berlandaskan kekeluargaan. Karena jika terjadi suatu masalah, hubungan kekeluargaan menjadi rusak. Anda juga bisa kehilangan orang terdekat. Sebaiknya jika Anda memang ingin bekerjasama dengan saudara atau orang terdekat maka harus jelas secara hukum agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Anda bisa mencari cara mendapatkan investor lainnya di internet atau sumber lainnya.

Bantu kami dengan share artikel ini ya 🙂 🙂