Usaha Dengan Modal 5 Juta dan Tipsnya

Usaha Dengan Modal 5 Juta dan Tipsnya

Saat ini, banyak pilihan usaha yang bisa dicoba seberapapun modal yang dimiliki. Jadi, meskipun seseorang hanya memiliki modal sekitar 5 jutaan, ada sekian banyak pilihan usaha yang bisa dicoba dibuka dengan modal senilai tersebut. Lalu, apa saja contoh usaha dengan modal 5 juta yang bisa dicoba? Berikut ulasannya.

Beberapa Usaha Dengan Modal 5 Juta dan Tips Dalam Mempersiapkannya

Sebelum membahas mengenai apa saja contoh usaha dengan modal 5 juta yang bisa dicoba, ada satu hal penting yang perlu diketahui. Apakah itu? Yaitu penentuan asal modal yang akan digunakan untuk membuka suatu usaha. Bagi mereka yang telah mempersiapkan uang pribadi, hal ini tentu tidak akan menjadi masalah berarti. Namun, bagi mereka yang berniat memulai usaha namun tidak memiliki modalnya, tentu hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan melakukan pinjaman modal melalui layanan pinjaman uang. Anda bisa mengajukan kredit dengan atau tanpa agungan. Jika tidak, Anda juga bisa melakukan pinjaman secara online kepada lembaga yang sudah terverifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Hanya dengan melakukan pinjaman senilai 5 juta rupiah.

Apa saja contoh usaha yang bisa dicoba hanya dengan modal 5 jutaan? Berikut beberapa contohnya sekaligus penjelasan mengenai tips perencanaan anggarannya.

  1. Bisnis Catering

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa bisnis catering membutuhkan modal yang tidak sedikit. Padahal, usaha catering sebenarnya bisa dilakukan meski hanya dengan modal 5 jutaan. Anda bisa memulai salah satu contoh usaha dengan modal 5 juta ini dengan skala yang kecil terlebih dahulu. Contohnya, Anda bisa menerima pesanan catering untuk acara-acara arisan, pengajian RT/RW, acara kos, dan sebagainya. Jika usaha sudah lebih besar, barulah Anda bisa menerima pesanan catering untuk acara yang lebih besar seperti pernikahan, ulang tahun, dan sebagainya.

Selanjutnya, silakan membuat perhitungan sederhana terkait perencanaan anggarannya. Pertama, buatlah perhitungan harga santapan catering untuk per porsinya. Misalnya, untuk per porsinya dihargai Rp 20.000. Apabila menambahkan snack camilan kue-kue yang dibuat per tampah, Anda bisa menetapkan hitungan Rp 200.000. Setelah menetapkan harga produk catering, Anda harus menghitung berapa perkiraan tamu pada acara yang diadakan.

Sebagai contoh, jika suatu acara RT/RW dihadiri oleh sekitar 50 orang, maka penghitungannya adalah 50 orang dikalikan Rp 20.000 sehingga didapatkan Rp 1 juta. Angka tersebut kemudian ditambahkan dengan jumlah hasil snack atau camilan kue. Untuk camilan, Anda bisa menyiapkan 3 tampah kue dikalikan Rp 200.000. Camilan senilai Rp 600.000 kemudian ditambahkan dengan Rp 1 juta. Hasilnya adalah Rp 1.600.000. Modal Rp 5.000.000 dikurangi Rp 1.600.000, ada banyak sisa bukan?

  1. Jasa Menjahit atau Reparasi

Usaha dengan modal 5 juta lainnya yang bisa dicoba adalah jasa menjahit atau reparasi yang bisa dilakukan di tempat tinggal sendiri. Anda bisa menyediakan jasa jahit atau reparasi pakaian, sepatu, tas, atau perlengkapan rumah tangga lainnya.

Untuk membuka usaha ini, dari anggaran 5 juta Anda perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 3 juta untuk mesin jahitnya, Rp 200 ribu untuk benang dan jarumnya, serta lain-lain seperti kancing atau resleting senilai Rp 200 ribu. Jika dijumlah, Anda hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp 3,6 jutaan.

Agar lebih bisa menekan pengeluaran, Anda bisa memasarkan kedua contoh usaha dengan modal 5 juta di atas menggunakan internet atau media sosial yang dimiliki. Anda juga bisa memasarkannya ke kontak-kontak telepon yang dimiliki.

Bantu kami dengan share artikel ini ya 🙂 🙂